Bentuk-bentuk perilaku menyimpang di masyarakat

Assalamualaikum teman-teman bagaimana hari kalian? Saya harap menyenangkan dan tetap bersyukur atas rezeki yang Allah/tuhan berikan kepada kalian:), sudah lama sekali saya tidak membuat artikel di blog di pembahasan artikel saya sekarang membahas tentang perilaku menyimpang di masyarakat, di lain waktu saya akan membahas tentang game lagi ya teman-teman:), langsung saja kita bahas mengenai perilaku menyimpang di masyarakat. Menurut Wikipedia perilaku menyimpang di masyarakat adalah:

Perilaku menyimpang yang juga biasa dikenal dengan nama penyimpangan sosial adalahperilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilaikesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secaraindividu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesiaperilaku menyimpang diartikan sebagaitingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma danhukum yang ada di dalam masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, semuatindakan manusia dibatasi oleh aturan (norma) untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat. Namun di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih kita jumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan aturan (norma) yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang siswamenyontek pada saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain.

Penyimpangan terhadap norma-norma ataunilai-nilai masyarakat disebut deviasi (deviation), sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut devian (deviant). Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak menyimpang yang sering disebut dengankonformitas. Konformitas adalah bentukinteraksi sosial yang di dalamnya seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok.

Definisi menurut ahli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

minecraft pocket edition

4 Mobil yang cocok untuk anak kuliahan harga mulai Rp100 Jutaan

Cheat GTA SAN ANDREAS super lengkap